:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Rabu, 23 Juli 2014

Perpustakaan Abata Kembali Terima Hibah Buku

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah mendapatkan bantuan buku dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, beberapa saat yang lalu, ABATA Book Corner kembali mendapat hibah buku dari Amikom Yogyakarta.

”Alhamdulillah, atas bantuan seorang teman, ABATA Book Corner kembali mendapatkan hibah buku sejumlah 85 buah,” ungkap Sri Agung, pengelola perpustakaan. Pantauan admin, Selasa, 22 Juli 2014 buku tampak sudah siap tersampul rapi, terkoding dan siap untuk dipinjamkan. “Dari pemberi Hibah, buku sudah tersampul rapi, kita hanya perlu lakukan koding buku, untuk selanjutnya buku sudah bisa dipinjamkan,” jelas Agung.

Adapun jenis buku yang diterima hampir 90% adalah buku dengan genre pengetahuan tentang komputer baik software maupun hardware dan sisanya buku-buku tentang manajemen. “90% buku yang diterima ber-genre pengetahuan tentang komputer, sedangkan sisanya tentang manajemen,” kata Agung. Dengan adanya tambahan 85 buah buku tersebut, sampai dengan saat ini seluruh koleksi yang ada berjumlah 2.252 koleksi dan siap untuk dipinjamkan.

Semoga, dengan tambahan hibah buku yang diterima oleh perpustakaan abata sejumlah 85 koleksi diharapkan mampu memberikan semangat dan menggelorakan minat baca Jamaah Masjid pada khususnya dan Warga Triharjo pada umumnya, yang pada gilirannya dapat menambah khasanah dan membuka wawasan demi peningkatan kualitas keilmuan khususnya dalam bidang keagamaan. *[SAP]

Selengkapnya → Perpustakaan Abata Kembali Terima Hibah Buku

Jumat, 18 Juli 2014

Turnamen Badminton Ramadhan Cup Ke-3 Masuki Partai Final

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Kamis, 17 Juni 2014 Turnamen AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3 melakoni partai Final. Partai pertama mempertemukan Ade-Dika vs Irul-Yoga yang memperebutkan Juara 3.

Perebutan tempat ke-3 ini berlangsung sengit, yang akhirnya dimenangkan oleh pasangan Irul-Yoga Wakil dari Masjid Al Amin Kulwaru Kulon dengan Rubber Set, 17-21, 21-18 dan 24-22. Sementara itu untuk perebutan Juara 1 mempertemukan Pasangan dari Al Hikmah Toyan Yudha-Agus melawan Kiki-Tomy dari Masjid Baroroh.

Pertandingan akhirnya dimenangkan pasangan dari Al Hikmah Toyan Yudha-Agus dengan Straight Set 21-18 dan 21-17. Dengan kemenangan ini Yudha-Agus mengukuhkan diri sebagai juara 1 pada Turnamen AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3  dan berhak atas Piala Bergilir dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Throphy Camat Wates, uang pembinaan, dan sejumlah ayam.

Kiki-Tomy berhak atas Throphy Kepala Desa Triharjo, uang pembinaan dan sejumlah ayam, Juara ke-3 Irul-Yoga memperoleh Throphy Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Toyan, dan Ade-Dika harus puas menempati urutan ke-4 dan mendapatkan hadiah hiburan. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan door price kepada penonton yang hadir.

Reza, salah satu Panitia Turnamen AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3 mengaku gembira dengan telah selesainya seluruh rangkaian kegiatan Turnamen pada tahun 1435 Hijriyah ini. Dia berharap bahwa selain menjadi agenda rutin tahunan untuk menyemarakkan Ramadhan, turnamen juga diharapkan dapat bermanfaat untuk Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan dalam rangka berlatih mengelola kegiatan. ”Alhamdulillah, seluruh rangkaian turnamen telah selesai, kegiatan ini diharapkan membawa manfaat bagi Remaja Islam selain memeriahkan Ramadhan,” ungkap mahasiswa semester 3 di salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta tersebut.

Sementara itu, Jumat, 18 Juli 2014 sedianya akan diadakan tasyakuran atas telah selesainya pelaksanaan Turnamen AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3. ”Besok sore (18/7) rencananya akan diadakan tasyakuran selesainya Turnamen Badminton Cup, adapun acaranya kembul bersama,” ungkapnya.
Dengan sampainya turnamen pada partai Final, Kamis, 17 Juni 2014 maka berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan Turnamen AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3. Selamat kepada pemenang. *[SAP]

Selengkapnya → Turnamen Badminton Ramadhan Cup Ke-3 Masuki Partai Final

Jelang Lebaran, TPA Al Hikmah Toyan Bagi Tabungan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Raut wajah gembira terpancar dari santri Al Hikmah Toyan, pasalnya setelah menabung selama kurang lebih 1 tahun, Kamis 17 Juli 2014 uang tabungan mereka dibagikan.

Direktur Taman Pendidikan Al Quran Al Hikmah Toyan, Sri Agung memaparkan bahwa tabungan santri yang dibagi sejumlah Rp 8.644.500,00 dibagikan kepada 51 santri yang menabung di Taman Pendidikan Al Quran Al Hikmah Toyan.

Lebih lanjut, Sri Agung menjelaskan bahwa kegiatan menabung bagi santri bukanlah kegiatan wajib namun bersifat pilihan, tidak semua santri menabung. Adapun tujuan dari kegiatan menabung adalah untuk melatih sikap berhemat dan membudayakan atau membiasakan hidup sederhana sejak usia dini. ”Tidak semua santri menabung, tujuannya melatih, membudayakan membiasakan hidup hemat dan sederhana sejak usia dini.

Bersamaan dengan kegiatan pembagian tabungan juga dilaksanakan penyerahan hadiah lomba kepada santri yang memenangkan kejuaraan Lomba Anak Sholeh. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Lomba Anak Sholeh telah dilaksanakan pada Tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan Tanggal 9 Juli 2014 yang meliputi praktek adzan, wudhu, shalat, tartil, hafalan surat-surat pendek, bacaan doa sehari-hari, menggambar, dan mewarnai.

Semoga dengan telah dibagikannya tabungan santri tersebut menambah kegembiraan santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. *[SAP]

Selengkapnya → Jelang Lebaran, TPA Al Hikmah Toyan Bagi Tabungan

Kamis, 17 Juli 2014

Meriahkan Ramadhan, TPA Adakan Lomba Anak Sholeh 1435 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Guna memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1435 H dan menambah motivasi santri, Taman Pendidikan Al Quran Al Hikmah Toyan laksanakan Lomba Anak Sholeh.

”Kegiatan Lomba Anak Sholah dimaksudkan dalam rangka memeriahkan Bulan Suci Ramadhan dan memotivasi santri,” ungkap Sri Agung Pangarso, Direktur Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan. Kegiatan lomba telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan tanggal 9 Juli 2014 yang meliputi praktek adzan, wudhu, shalat, tartil, hafalan surat-surat pendek, bacaan doa sehari-hari, menggambar, dan mewarnai.

Pelaksanaan lomba anak sholeh sendiri dilaksanakan pada setiap sore mulai Pukul 16.00 sampai dengan Menjelang Maghrib dan dilaksanakan Selain Hari Selasa, Kamis, Sabtu. ”Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu tetap dilaksanakan pembelajaran rutin TPA, hari selain itu dilaksanakan lomba anak sholeh,” ungkap Sri Agung.

Sementara itu, salah satu Ustadz Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan, Crussita Devi, yang juga merupakan koordinator lomba mengatakan bahwa, lomba diikuti oleh 52 santri yang mengikuti berbagai macam lomba. Adapun juri dalam kegiatan tersebut adalah ustadz/ustadzah Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan dibantu oleh Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Adapun hadiah perlombaan sedianya akan diumumkan pada 10 hari terakhir Ramadhan bersamaan dengan pembagian tabungan santri. Semoga kegiatan lomba anak sholeh selain untuk memeriahkan, juga benar-benar dapat dijadikan sarana untuk menambah motivasi santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan. *[SAP]

Selengkapnya → Meriahkan Ramadhan, TPA Adakan Lomba Anak Sholeh 1435 Hijriyah

Rabu, 16 Juli 2014

Perpustakaan Abata Book Corner Tambah Koleksi 500 Buku

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Selasa, 15 Juli 2014, Perpustakaan Masjid Al Hikmah Toyan Abata Book Corner, kembali menambah koleksinya sejumlah 500 buah, bantuan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Koleksi buku tersebut diantaranya buku-buku tentang kesehatan, khasanah keislaman, pertanahan, perbengkelan, dan juga koleksi tentang cerita anak, tips –tips tentang dunia pendidikan, serta kitab-kitab tafsir diantaranya tafsir Ibnu Katsir dan tafsir lainnya.

“Beberapa genre buku sejumlah 500 buah sudah kita terima beberapa saat yang lalu, melalui Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kulon Progo, namun karena padatnya kesibukan di antaranya persiapan Ramadhan, maka proses pemilahan buku dan proses penyampulan baru dapat terselesaikan pada malam hari ini,” ungkap Sri Agung, salah satu pengelola perpustakaan.

Dengan adanya tambahan 500 buah buku tersebut, sampai dengan saat ini seluruh koleksi yang ada berjumlah 2.167 koleksi dan siap untuk dipinjamkan. Dengan adanya penambahan 500 buku sebagaimana dimaksud, pengelola mengupayakan pembelian 2 buah rak buku guna menjamin kerapian penyimpanan buku. “Kita upayakan pembelian 2 buah rak buku lagi guna penyimpanan buku,” kata Sri Agung.

Pengelola mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada pihak-pihak yang telah membantu proses pembelian rak, penyampulan buku, sampai dengan tahapan penataan buku pada rak sesuai dengan koding buku.

Semoga dengan adanya tambahan koleksi 500 buku dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia diharapkan mampu menggelorakan minat baca Keluarga Besar Jamaah Masjid pada khususnya dan Warga Triharjo pada umumnya, yang pada gilirannya dapat menambah khasanah keilmuan dan membuka wawasan demi peningkatan kualitas keilmuan khususnya dalam bidang keagamaan.*[SAP]

Selengkapnya → Perpustakaan Abata Book Corner Tambah Koleksi 500 Buku

Bukber Radio Suara Ramadhan : Sharing Dunia Penyiaran Dan Jurnalistik

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Guna membuka wawasan tentang dunia penyiaran dan jurnalistik, Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz adakan Sharing yang dikemas bersamaan dengan kegiatan off Air Buka Puasa bersama.

Kegiatan buka puasa dan sharing tentang dunia penyiaran dan jurnalistik merupakan salah satu kegiatan off air yang dilaksanakan pada Sabtu, 12 Juli 2014 dengan menghadirkan pembicara Wuri Damaryanti, Wartawan dan Kontributor RRI Yogyakarta dan diikuti oleh kurang lebih 60 Remaja Islam Masjid di seputar Wates Selatan. Materi yang disampaikan diantaranya tentang tips menjadi reporter, tips menulis berita dan hal-hal terkait dunia penyiaran dan jurnalistik, penyampaikan materi diselingi dengan tanya jawab oleh peserta.

Indra salah satu peserta mengatakan bahwa, kegiatan buka puasa bersama dengan materi tersebut jarang diadakan, oleh karenanya Indra mengaku gembira dengan materi yang dipilih oleh Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, guna membuka wawasan tentang dunia jurnalistik dan penyiaran.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan kenang-kenangan oleh Management Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz diantaranya PIN dan stiker. Semoga kegiatan tersebut dapat menambah wawasan tentang dunia penyiaran dan jurnalistik *[SAP]

Selengkapnya → Bukber Radio Suara Ramadhan : Sharing Dunia Penyiaran Dan Jurnalistik

Ahito Badminton Ramadhan Cup Ke-3 Resmi Digelar

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah sukses menggelar Turnamen Badminton Ramadhan Cup II, Tahun 1435 Hijriyah ini AHITO Badminton Ramadhan Cup kembali digelar untuk kali Ke-3.

Gelaran AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3 sendiri resmi dibuka oleh Kepala Desa Triharjo Samsu Giharto, pada Senin, 7 Juli 2014, di Lapangan Outdoor Masjid Al Hikmah Toyan selepas Tadarus kurang lebih pukul 21.00 WIB. Adapun Tehnical Metting (TM) telah dilaksanakan pada Sabtu, 5 Juli 2014.

Samsu Giharto, dalam sambutannya mengharapkan, bahwa AHITO Badminton Ramadhan Cup ke-3 selain menjadi agenda tahunan dalam rangka memeriahkan Ramadhan, juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar Remaja Islam Masjid.

Turnamen Badminton sendiri diadakan oleh Unit Kegiatan Masjid (UKM) Al Hikmah Toyan, AHITO Badminton Club. Suhermanto, Ketua Panitia Turnamen menjelaskan bahwa Turnamen pada tahun 1435 Hijriyah ini diikuti oleh oleh 19 Pasangan dari Masjid di Wilayah Wates Selatan. Jumlah peserta sedikit menurun daripada peserta pada tahun 1434 Hijriyah ”Turnamen ini diikuti 19 Pasang peserta, lebih sedikit daripada peserta tahun lalu yang mencapai 26 Pasangan,” ungkapnya. Menurunnya animo turnamen disinyalir oleh Herman dikarenakan adanya waktunya bersamaan dengan Piala Dunia, adanya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, maupun adanya pergantian regenerasi Remaja Islam yang ada di masing-masing Masjid.

Sementara itu, AHITO Badminton Ramadhan Cup Ke-3 yang telah resmi digelar tersebut dalam menerapkan sistem gugur, dengan sistem penilaian Rally Point, game 21 Point. Pasangan yang memenangkan 2 set berhak melanjutkan ke tahapan selanjutnya. ”Untuk melaju ke tahap selanjutnya, peserta harus memenangkan 2 set, apabila terjadi skor imbang 1-1, maka pemenang akan ditentukan dengan rubber game,” ungkap Herman.

Pelaksanaan AHITO Turnamen Badminton Ramadhan Cup Ke-3 ini sedianya akan dilaksanakan selama 1 (satu) minggu. Rencananya, pelaksanaan partai final akan digelar pada Selasa, 15 Juli 2014 dengan catatan kondisi cuaca memungkinkan. Bagi pemenang disediakan hadiah kejuaraan berupa Juara I memperebutkan trophy Camat Wates, Juara II trophy Kepala Desa Triharjo, Juara ke III trophy Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Toyan, uang pembinaan dan ayam. Dalam setiap malamnya juga akan dibagikan door price.

Berdasarkan pantauan Admin Al Hikmah Web, pada Selasa, 15 Juli 2014 pelaksanaan turnamen belum mencapai partai Final, hal ini disebabkan karena kondisi cuaca hujan yang beberapa hari mengguyur Toyan dan sekitarnya sejak Sabtu, 12 Juli 2014. Dengan digelarnya AHITO Badminton Ramadhan Cup Ke-3, diharapkan dapat menjadi ajang yang positif, mempererat silaturahim antar masjid. *[SAP]

Selengkapnya → Ahito Badminton Ramadhan Cup Ke-3 Resmi Digelar

Kamis, 03 Juli 2014

1435 Hijriyah Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 Mhz On Air Ke-11

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz diusianya yang ke-11 pada 1435 Hijriyah ini kembali On Air.

Dengan perangkat siar baru dan dukungan antena setinggi kurang lebih 15 meter, dipancarluaskan dari Gedung Multi, Studio 1, Lantai 2 Komplek Masjid Al Hikmah Toyan, diharapkan Radio Komunitas yang mengusung jargon “Jadikan Ramadhan Lebih Bermakna” ini dapat menjadi sarana mengakrabkan dan menyambung silaturahmi antar masjid di seputaran Wates, Panjatan dan Temon.

Adapun programa acara yang diusung tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. On Air dimulai pada pukul 16.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB. ”Programa acara tidak jauh berbeda dengan acara pada tahun lalu, mulai pukul 4 sore sampai 2 pagi,” ungkap Manager Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, Sigit Lufti Bilawal atau yang akrab disapa Kriwil.

Lebih lanjut, Kriwil menjelaskan bahwa selain kegiatan On Air selama 1 (satu) bulan, Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, juga sedianya akan menggelar kegiatan Off Air Buka Puasa Bersama antara pendengar dan manajemen yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 12 Juli 2014 dengan pembicara Wuri Damaryanti.

Adapun agenda yang akan dilaksanakan adalah Coaching Clinic dan Sharing tentang dunia penyiaran dan jurnalistik. Wuri sendiri sekarang aktif sebagai Wartawan dan Kontributor RRI Yogyakarta. ”Selain On Air, Sabtu, 12 Juli 2014 akan dilaksanakan kegiatan Off Air dengan agenda Coaching Clinic dan Sharing tentang dunia penyiaran dan jurnalistik dengan pembicara Wuri Damaryanti,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan Coaching Clinic dan Sharing tentang dunia penyiaran dan jurnalistik tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia jurnalistik dan penyiaran, kata Kriwil.

Sementara itu, Direktur Teknis Iman Surachno berharap bahwa dengan usianya yang ke-11, Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 akan lebih baik dan dicintai pendengarnya. Semoga. *[SAP]

Selengkapnya → 1435 Hijriyah Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 Mhz On Air Ke-11